Sunday 9 August 2015

Trip ke KUTAI BARAT 'SENDAWAR' (7-9 Agt 2015)

Assalamualaikum warohmatullahi waabarokatu...

Hai guys, apa kabar semua? Weekend kemaren pada kemana ni?
Di kesempatan kali ini aku mau berbagi cerita perjalanan ku ke KUBAR.

KUBAR adalah sebuah daerah di Provinsi Kalimantan Timur atau Kal-Tim. Nah di Kal-Tim sendiri dibagi-bagi wilayahnya ada Kota Samarinda, Kota Balikpapan, dan Kota Tenggarong, tenggarong ini masih masuk wilayah KUTAI tau dong Kutai. Kutai adalah kerajaan Islam pertama di Indonesia. Nah karena Luasnya Kutai ini luar biasa maka Kutai terbagi lagi Kutai Barat Ku-Bar, Kutai Timur Ku-Tim dan Kutai Kartanegara Ku-Kar.

Tadi intermezo edukasi historynya ya temen temen, history setau aku aja sih itu. mohon maaaf kalo salah salah... :D lebih lengkapnya bisa check di Kepala Suku Kubar aslinya ya... hehe

17.30 wita
Aku berangkat dari rumah Bukuan ke Samarinda, sebenernya sih janji sama mba Neng berangkat jam 17.00 wita, cuma namanya Adit ini tukang ngaret ya gitu deh. Jadinya mba Neng menunggu di Swalayan Samarinda Sebrang dengan sabar dan perut kelaparan. Aku sampe jam 18.00 wita di Swalayan Smd Sebrang tersebut. Trus kita langsung cabut ke Kota Samarinda cari makaaan, akhirnya sampe di Pramuka (pramuka itu tempat makannya anak2 mahasiswa dan anak2 kostan :D ) kita makan di warung Seliur. Ketemu Mba Kusuf yang adalah temen sekolahnya Dosen Struktur Data aku (langsung jadi awkward gara2 aku panggil ibu kusuf hahay), ada mba Niken yang di FB itu suka jejepunan gitu. Kita makan dengan lahap, Trus langsung solat jamak Magrib dan Isya di Masjid sebrang warung. Pas balik lagi ke warung nah ada mba Rina (yang mba ini beneran aku baru tau). Udah selesai makan solat dan lain2. Kita meluncur ke Asrama Kukar home staynya mba Niken. Ambil peralatan Camping. Trus langsung cabut lagi ke home staynya mas Arman di Perumahan Pondok Alam Indah.

20.30 wita.
Parkir motor trus ga lama mobil nya Mas Ari & Mba Ayu dateng. And we are ready for the Journey. Langsung Ready Steady go...

Semua yang dimobil mabok yak pada mumun, Alhamdulillah Aku mas Arman sama mas Ari kagak mabok. Luar biasa sekali jalanannya pemirsaa.. Kayak Roller Coaster. Bilangnya mba Neng jaman dulu Kalimantan timur itu pernah dijajah Rusia nah mereka ini yang bikin jalan muter-muter tikungan berliku-liku kayak gini. Ahsudahlah... :D

Kami sampe di Kota Bangun jam 00.30 wita.
Mampir dulu kerumah om nya bang Arman yang buka warung makan sampe pagi kalik ya (soalnya pas kita kesana belum tutup) tapi kami kesana gak ngisi perut yaa. Kami numpang istirahat, ada yang tiduur di bawah pohon, ada yang bekesah sampe bebuih mulut. aku tiduran di mobil aja sama mba Ayu yang dr tadi mavok. sengsaranyaaa gara2 banyak nyamuuuk, terpaksa bangun pake autan dulu yakan.. trus tidur lagiii...

Jam 01.30 wita
Kami melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Damai.

Jam 05.00 wita
Sampailah kita di Kecamatan damai di rumah bang Ujay. Perjalanan yang Luar biasa yah walaupun aku ga mabok perjalanan kayak yang lain tetep aja luar biasa perjalanannya.. oiya tadi
Kita di jemput sama bang Ujay dan Bang Ridwan menuju ke rumah bang ujay buat istirahat.

kita istirahat di kamar yang di lantai 2, rumahnya luas :) alhamdulillah nyaman... Aku Solat Subuh dulu trus tidur sebentar... Met Rehat guys..

Sabtu, 08 Agt 2015
Jam 08.00
Kita keluar rumah, main main ke pasar pagi kaget di ujung gang rumahnya bang ujay.

Ada sekolah SD dan ada sungai yang memisahkan perkampungan satu dan yang lainnya.

09.30 wita
Udah sarapan, manasin rica-rica ayamnya mba Neng pake nesting ama kompor camping dan apalah apalah. Kita cabut ke air terjun alias Jantur Inar. Cuacanya panas terik broo. Gilaak. Tapi tidak menyurutkan semangat kami untuk sampai kesana.

11.00 wita
sampai....
Dan this is Jantur Inarnya Kubar... Awesome....

13.00 wita
Kami naik soalnya udah waktu dzuhur. Alhamdulillah ya Di atas ada mesjid dan toiletnya. Mandi dulu trus solat dzuhur asar di jamak.. Lalu kita cabut lagi ke Jantur Mapan.

16.00 wita
Sampai di Jantur Mapan

17.00 wita
Berangkat ke Gunung S. Gunung yang jalannya kayak huruf S. Tapi kali ini kita gak trecking, kita naik kendaraan.. Hehe..
Sampai....
Dan langsung dirikan tenda bersama anak KOMPAD (Komunitas Pecinta Alam Damai)
Gak lama kami datang eh muncul si firman (Bubuhan manday jua yang lagi KKN di KUBAR). Trus Ada yang ulang tahun loo.. Mba neng ulang tahun ciee selamat tambah tua ya mbak neng yang ke 25. Semoga cepat dilamar. aamiin..

Magrib menjelang, hari mulai gelap, tapi sumvah ga ada nyamuk sama sekali. Mungkin emang nyamuk pada ga naksir kami yang pada kagak mandi sore ini...
Oiya tak lupa kita Solat Magrib dan Isya dijamak..

Malam mulai menggelapkan langit dan seluruh isi bumi.. Temen-temen Kompad pada Masak Nasi dan Ikan Goreng dan lain lain,, pokoknya semua bahan makanan dimasak, ada juga yang nyanyi sambil didiringi alunan gitar.. Aku memandang langit aja deh langit yang penuh dengan bintang-bintang. Bilangnya Firman Milky Way haha gayaa bilang aja Bima Sakti...

Setelah makan dan kita pun kenyaaang... Alhamdulillaaah...
Kita perkenalan nih,,, karena tak kenal maka tak sayang cyiiint...
Temen temen dari KOMPAD, UNMUL, POLTEK, Samarinda Backpacker, aku dari mana yaa hiks hiks aku dari hatimu aja gin yaaa hahaaa Aku dan Firman dari Bubuhan Manday...
Ada bang Jay, bang Ridwan, Firman, Agnes, Mba Novia, Mba Neng, Mba Ayu, Mas Ari (udah bobo di tenda), dan anak2 KOMPAD lainnya...

Setelah makan malam perkenalan dan apalah apalah kita satu persatu pergi ke tenda masing-masing. Karena aku belum ngantuk aku ngobrol aja di luar sambil ngopi sampe jam 23.00 pergi ke Tenda dan tidur... Good nite guys..

~~~

Minggu, 09 Agt 2015
05.00 wita
Selamat Pagi, kita Subuhan dulu yukk.. habis subuhan kita ngeliat keindahan ciptaan Allah yang maha dahsyat ini..
Trus foto-foto sunrise (padahal sunrisenya kan di belakang :') dibalik hutan ya pastinya ga dapat sunrise laaah hehe). Kok keliatannya manusianya tambah banyak yaa, aku bertanya tanyaaa.... O kata bang Jay itu karena ada anak2 scoopy KUBAR baru dateng subuh tadi pas kita solat. Dia meramaikan Gunung biar kekinian.. haha (ngetes motor, ternyata motornya sampe juga kepuncak gunung S :D)

Jam 8.00 wita
Kita meninggalkan gunung S. Yang pastinya udah di beresin dan dibersihin ya apalah- apalahnya..
Next kita menuju Danau Aco

Jam 09.00 wita
Kita sampai di danau Aco yang sepi bingit, mungkin karena masih pagi. Sepertinya kami pengunjung ke 3 disana. Karena kami lapar ya akhirnya kami masak mi disana deh masak pake kompor camping sama nesting hehe. Alhamdulillah kenyang. Jam 10.30 kita meninggalkan Danau Ac pulang kembali ke Kecamatan Damai.

kita masak masak dulu lo di danau, nyeduh mi instan pake kompor portable... sarapan dulu ya kaan... lavar banget qaqaa....

Jam 11.30 an
Sampailah kami di simpang 3. Kami pamit dan langsung cabut pulang ke Samarinda lewat tenggarong. Aku minum antimo lagi trus tidur biar ga mabok. Oiya kami mampir ke Gunung Bayan singgah sebentar dirumah temennya bang Ari & mba Ayu. Mau numpang ngecharge eeh ternyata di sini kalo siang ga dapet listrik dari pemerintah, ckckck kecewa sayaa... Mba Neng yg udah dari mulai berangkat udah mabok pamitnya sih boker tapi malah mandi (emang ya itu mba neng ga bisa dia kalo ga mandi) aku sekalian Solat dzuhur ashar dijamak, mba neng juga.

Cabut lagi... Sampai di Kota bangun kita mampir sebentar ke Rumahnya Mas Arman. Mas Arman balikin Rompi anti peluru soalnya ga jadi ikut berburu. Trus mba niken ama mba Rina numpang solat karena sebelumnya tadi mereka belum solat.

Pas Adzan Ashar kami cabut lagi menuju samarinda..
Ditenggarong pake salah lewat penyebrangan pula, heddeh. Untung ga kenapa kenapa.
Yang jelas kita banyak dapat view sunset yg keren.

Jam 18.30 wita
Sampailah kita di rumah makan nasi goreng di Air hitam. Makan dulu isi perut. Eh mba kusuf muncul tiba-tiba dari parkiran.. Hehe.

Jam 19.30 wita
Sampailah kita di homestaynya bang Arman. Pinjem laptop dulu sharing foto foto. Sempet panik gara-gara ketoilet dan toiletyna flushnya macet untung ada alternatif lain siram pake gayung hahay..
Oiya sharing foto2nya Sambil makan es kelapa loo.. Alhamdulillah Rejeki Anak anak solehah...

Jam 21.30 wita
Akhirnya kami pulang kerumah masing masing.

Dan akhir kata saya ucapkan terimakasih kepada seluruh crew yang bertugas,, eeeh salah.. maksudnya Terimakasih kepada temen temen KOMPAD, anak-anak KKN di KUBAR dari Unmul dan semuanya paklek tukang Sate tukang salome di pasar kaget depan rumah bang Jay trus terimakasih buat abahnya bang Jay yang udah menampung kami dirumahnya.. Terimakasih banyak telah menyambut kami dengan penuh antusias. Maafkan kami karena merepotkan yaaa... :D

Sampai jumpa di Trip Selanjutnya..

Salam Lestari...

1. perjalananmu cukup komplit mbak keren

2. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam